Tampang

Arca Ganesha Ditemukan oleh Tukang Bangunan Saat Membangun Pondasi Rumah di Sleman

28 Jun 2024 12:45 wib. 45
0 0
Arca Ganesha Ditemukan oleh Tukang Bangunan Saat Membangun Pondasi Rumah di Sleman
Sumber foto: google

Sebuah penemuan arca berwujud Ganesha setinggi sekitar 84 sentimeter telah menghebohkan wilayah permukiman warga di daerah Sayidan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penemuan ini dilakukan oleh Nur Sarjiman (65), seorang tukang bangunan yang sedang melakukan penggalian pondasi cakar ayam untuk sebuah rumah pada hari Rabu (26/6).

Menurut Sarjiman, arca tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar satu meter ketika linggisnya tiba-tiba membentur benda keras saat melakukan penggalian. "Posisinya tengkurap, saya gali, begitu saya congkel ternyata tangan dan putus. Saya lanjutin ternyata ada kepala gajah," ujar Sarjiman di lokasi penemuan.

Dilaporkan bahwa, meskipun sebagian arca tersebut terkena linggis, namun menurut Sarjiman, arca tersebut masih memiliki bentuk Ganesha yang jelas, termasuk satu tangan lainnya yang memegang ujung belalai. Selain itu, Sarjiman juga menemukan sebuah batu berbentuk segi empat menyerupai stupa di samping arca Ganesha tersebut.

Arca Ganesha akhirnya berhasil diangkat dari lubang galian pada hari Kamis (27/6) dengan dibutuhkan bantuan tenaga dari enam orang untuk mengangkatnya. "Sendiri nggak kuat, dipikul berenam," ujar Sarjiman mengenai proses pengangkatan arca tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Naik Kereta Api di Zaman Now...
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jun 2018
Tips Tampil Cantik Tanpa Perhiasan
0 Suka, 0 Komentar, 14 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%