Tampang

Apa Dampak Kerusuhan di Kaledonia Baru Terhadap Perekonomian dan Geopolitik Indonesia?

28 Mei 2024 07:54 wib. 258
0 0
Kaledonia Baru/Prancis
Sumber foto: DW (News

Kondisi kerusuhan di Kaledonia Baru ini juga turut mempengaruhi perekonomian Indonesia. Sebagai negara yang menjadi pesaing dalam sektor nikel, Indonesia berhasil meningkatkan produksinya sepuluh kali lipat dalam satu dekade, mencapai 1,8 juta ton pada tahun 2023. Sementara itu, produksi nikel Kaledonia Baru hanya mencapai 230.000 ton.

Sebagai negara dengan produksi nikel terbesar kedua di dunia, Indonesia mampu memberikan dampak yang signifikan dalam pasar global nikel. Kesuksesan produksi nikel Indonesia telah mengatasi pasar nikel global, menurunkan harga nikel secara signifikan, dan merusak perekonomian Kaledonia Baru.

Dengan kondisi kerusuhan di Kaledonia Baru yang terus berlangsung, perusahaan pertambangan raksasa Glencore telah menjual sahamnya di pabrik Koniambo Nickel (KNS), serta menghentikan kompleks metalurgi di Provinsi Utara yang mendukung prokemerdekaan. Keputusan ini tentu saja memberikan dampak langsung terhadap perekonomian dan stabilitas politik di Kaledonia Baru.

Dalam upaya untuk mengamankan rantai pasokan dan sumber daya mineral, Amerika Serikat dan negara-negara anggota Uni Eropa berupaya memperoleh akses yang lebih besar terhadap pasokan nikel. Hal ini melibatkan investasi dalam tambang nikel di Kaledonia Baru dan negara-negara lain yang memiliki sumber daya mineral yang kaya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%