Tampang

Apa Dampak Kerusuhan di Kaledonia Baru Terhadap Perekonomian dan Geopolitik Indonesia?

28 Mei 2024 07:54 wib. 257
0 0
Kaledonia Baru/Prancis
Sumber foto: DW (News

Pada awalnya, kerusuhan di Kaledonia Baru ini berpusat pada perubahan regulasi pemilu yang dipilih oleh Majelis Nasional. Namun, ketegangan ini pun dipicu oleh krisis sosial yang parah. Undang-undang itu direncanakan memberikan hak pilih bagi warga asing yang telah tinggal di Kaledonia Baru selama satu dekade. Hal ini mengundang kekhawatiran akan potensi pengaruh terhadap hak pilih atau kepentingan warga asli Kanak, yang saat ini hanya tinggal sekitar 40 persen dari total populasi Kaledonia Baru.

Kerusuhan yang terjadi 17.000 kilometer jauhnya dari Prancis, berasal dari perubahan regulasi pemilu yang dipilih oleh Majelis Nasional dan krisis sosial yang parah. Kerusuhan ini cukup mematikan, dengan enam orang tewas, termasuk tiga warga etnis Kanak, dua polisi, dan beberapa ratus orang terluka.

Kaledonia Baru, seperti Polinesia, merupakan lokasi strategis bagi kepentingan Prancis di Pasifik. Sumber daya mineralnya yang kaya menjadikannya sumber daya yang berharga bagi kepentingan Prancis. Menurut berbagai perkiraan, Kaledonia Baru menyimpan 20-30 persen dari stok nikel dunia, mineral yang digunakan untuk memproduksi baja tahan karat. Dalam banyak teknologi rendah karbon, seperti panel surya, turbin angin, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan baterai untuk kendaraan listrik, nikel sangat diperlukan karena kemampuannya menahan suhu tinggi dan korosi. Karena itu, Uni Eropa telah menambahkannya ke daftar bahan baku penting mereka.

Sejarah Kaledonia Baru yang pernah dijajah oleh Perancis pada tahun 1853, menunjukkan bahwa wilayah ini menjadi strategis bagi kepentingan Prancis di Pasifik. Perkiraan cadangan nikel Kaledonia Baru yang mencapai 20-30 persen dari cadangan nikel dunia menjadikannya sumber daya yang berharga bagi perekonomian global.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Wanita Mandiri Idaman Para Pria
0 Suka, 0 Komentar, 28 Mei 2018
Cara Memilih Hijab Segi Empat
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jul 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%