Tampang

Dokter Berusia Nyaris 100 Tahun Bagikan 8 Tips Panjang Umur

24 Jun 2024 19:09 wib. 353
0 0
Dokter Berusia Nyaris 100 Tahun Bagikan 8 Tips Panjang Umur
Sumber foto: iStock

Penduduk Jepang dikenal sebagai salah satu masyarakat yang memiliki umur terpanjang di dunia. Tidak sedikit warga Negeri Sakura yang mencapai usia lebih dari 100 tahun. Reizo, seorang warga Osaka yang juga ahli jantung berusia 95 tahun, mengaku hidup bahagia dan sehat meskipun sudah berumur hampir satu abad. Siapa sangka, kakek ini memiliki delapan rutinitas yang dia yakini membuatnya panjang umur.

Berikut delapan rutinitas rahasia panjang umur ala ahli jantung asal Jepang tersebut.

1. Rutin Jalan Pagi

Cucu dari si kakek, Mika Cribbs, menceritakan bahwa setiap hari kakek dan neneknya selalu bangun pagi. Mulai pukul 5 pagi, keduanya sudah mulai berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah selama 30 menit hingga satu jam dengan total 7 ribu langkah.

‘Kakek dan nenek saya memanfaatkan jalan pagi untuk memulai hari mereka dengan penuh semangat,” ujar Cribbs.

2. Rutin Berolahraga Ringan

Setelah berjalan, kakek dan nenek Cribbs melanjutkan aktivitasnya dengan berolahraga ringan, yakni melakukan peregangan serta melatih kekuatan dan keseimbangan.

Menurut Cribbs, kakek dan neneknya memiliki latihan yang berbeda perharinya. Biasanya, olahraga yang dipilih berdasarkan kemampuan dan kebutuhan untuk memastikan mereka tetap aktif tanpa memberatkan tubuh.

3. Merawat Hubungan dengan Orang Tercinta

Setelah berolahraga, kakek dan nenek Cribbs selalu menyempatkan diri untuk membuka Facebook dan Instagram. Selain bersosialisasi dengan keluarga, mereka menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesejahteraan emosional.

Sebuah studi menemukan bahwa isolasi sosial pada orang lanjut usia (lansia) menyebabkan tingkat kesepian yang tinggi, terutama di kalangan laki-laki. Maka dari itu, menggunakan media sosial bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari rasa kesepian.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.