Tampang

Thailand Resmi Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

21 Jun 2024 10:56 wib. 186
0 0
Thailand Resmi Legalkan Pernikahan Sesama Jenis
Sumber foto: google

Thailand resmi melegalkan pernikahan sesama jenis setelah pemungutan suara parlemen atas rancangan undang-undang terkait pada Selasa (18/6). AFP memberitakan majelis tinggi senat memberikan persetujuan akhir dengan 130 suara berbanding empat. Sementara itu 18 orang abstain atas perubahan undang-undang yang memungkinkan pasangan sesama jenis untuk resmi menikah. Para aktivis dan kelompok LGBT pun berharap pernikahan pertama bisa digelar pada awal Oktober 2024.

Legalisasi pernikahan sesama jenis di Thailand menjadi titik balik penting dalam sejarah kesetaraan hak LGBT di Asia. Sebelumnya, pernikahan sesama jenis di Thailand hanya diakui secara hukum jika salah satu pasangan mengubah gender mereka, namun keputusan baru ini memberikan kesempatan bagi pasangan sesama jenis untuk sah secara hukum tanpa harus mengubah identitas gender mereka.

AFP memberitakan majelis tinggi senat memberikan persetujuan akhir dengan 130 suara berbanding empat. Sementara itu 18 orang abstain atas perubahan undang-undang yang memungkinkan pasangan sesama jenis untuk resmi menikah. RUU yang disepakati parlemen menjadi UU itu bakal diserahkan kepada Raja Maha Vajiralongkorn untuk mendapatkan persetujuan kerajaan dan mulai berlaku 120 hari setelah dipublikasikan di Royal Gazette. Para aktivis dan kelompok LGBT pun berharap pernikahan pertama bisa digelar pada awal Oktober 2024.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.