Tampang

Keunikan Platipus, Mamalia Bertelur dari Australia

4 Jun 2024 16:25 wib. 49
0 0
mamalia bertelur
Sumber foto: Pinterest

Platipus adalah salah satu hewan yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Hewan ini termasuk kelompok mamalia bertelur, yang menjadi salah satu keunikan utama dari spesies ini. Platipus ditemukan di bagian timur Australia, Tasmania, dan wilayah sekitar Papua Nugini.

Keunikan platipus terletak pada kombinasi ciri-ciri fisiknya yang tidak lazim. Hewan ini memiliki paruh seperti itik, ekor mirip bebek, serta kaki berselaput yang membuatnya sangat gesit di dalam air. Namun, yang paling mencolok adalah kemampuan platipus bertelur meskipun termasuk dalam kelompok mamalia. Hewan ini adalah satu-satunya mamalia bertelur yang masih ada di dunia saat ini.

Salah satu hal yang menarik dari platipus adalah cara reproduksinya. Betina platipus bertelur satu atau dua butir telur setelah melakukan perkawinan. Telur tersebut kemudian akan dierami selama kurang lebih sepuluh hari sebelum menetas. Ketika platipus muda menetas, mereka akan menyusu pada ibunya melalui kelenjar susu yang ada pada tubuhnya. Namun yang menarik, platipus tidak memiliki puting susu, melainkan susu mengalir melalui pori-pori di perut induknya.

Selain itu, platipus juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi sumber makanannya di dalam air dengan menggunakan sebuah organ khusus yang disebut elektroreseptor. Organ ini membuat platipus bisa menangkap sinyal listrik yang dikeluarkan oleh hewan-hewan kecil yang hidup di dalam air, seperti ikan kecil, udang, dan serangga air, yang kemudian akan dijadikan sebagai makanan utamanya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Olahraga Golf
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024
PSSI Mulai Cicil Utang Rp 70 Miliar
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%