Tampang

Serangan Balasan Berhasil, Rusia Klaim Rebut Kembali 2 Desa di Kursk Barat

17 Sep 2024 19:27 wib. 35
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: google

Rusia pada hari Senin (16/9/2024) mengumumkan bahwa pasukannya telah berhasil merebut kembali kendali atas dua desa di wilayah Kursk baratnya dari Ukraina. Klaim ini dianggap sebagai serangan balasan yang signifikan di sana.

Pasukan Rusia dan Ukraina telah terlibat dalam pertempuran di wilayah Kursk sejak 6 Agustus. Serangan asing terbesar yang dilakukan oleh pasukan Ukraina terhadap tanah Rusia sejak Perang Dunia Kedua telah mengejutkan Moskow.

Meskipun Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah merebut kembali permukiman Uspenovka dan Borki, Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen. Dua desa tersebut terletak sekitar 12 mil (20 km) terpisah di perbatasan dengan wilayah Sumy di Ukraina.

Seorang komandan senior Rusia dan blogger perang pro-Kremlin sebelumnya mengatakan bahwa Rusia telah memulihkan kendali atas sekitar 10 permukiman di wilayah tersebut. Namun, pernyataan tersebut tidak dapat dikonfirmasi oleh Reuters.

Ukraina mengklaim bahwa pasukannya menguasai sekitar 100 desa di Kursk di area seluas lebih dari 1.300 km persegi (500 mil persegi). Sumber-sumber Rusia membantah klaim tersebut.

Di sisi lain, Gubernur wilayah Kursk, Alexei Smirnov, pada hari Senin memerintahkan evakuasi permukiman di dua distrik yang berjarak 15 km (9 mil) dari perbatasan Ukraina.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?