Tampang

Rusia Hujani Ibu Kota Ukraina dengan 67 Drone Buatan Iran

8 Sep 2024 11:11 wib. 56
0 0
Rusia Hujani Ibu Kota Ukraina dengan 67 Drone Buatan Iran
Sumber foto: website

Tampang.com | Angkatan Udara Ukraina melaporkan serangan yang dilakukan Rusia dengan 67 drone Shahed ke Ibu Kota Kiev pada Sabtu, 7 September 2024. Dari jumlah tersebut, Ukraina berhasil menghalau 57 drone. Hal ini disampaikan dalam pernyataan resmi yang disebar melalui aplikasi pesan Telegram. Puing-puing drone terlihat berserakan di sekitar gedung parlemen, menurut seorang legislator Ukraina.

Serangan langsung ke pusat Ibu Kota Kiev tergolong langka karena jaraknya yang jauh dari wilayah pendudukan Rusia. Kota ini dilindungi oleh jaringan pertahanan era Soviet dan senjata yang didukung oleh negara-negara Barat. Atap gedung pemerintahan di pusat kota dianggap sebagai tempat pertahanan terbaik di Ukraina, karena lokasinya juga menjadi tempat tinggal presiden, kabinet, dan bank sentral.

Berdasarkan pesan di Telegram, terdapat setidaknya 4 kepingan puing-puing drone yang ditemukan dekat gedung parlemen. Salah satunya terlihat di pintu masuk utama gedung, sedangkan yang lain berupa lempengan besi.

Koresponden Reuters di Kiev melaporkan adanya rangkaian ledakan pada pukul 3 pagi Sabtu waktu setempat. Gema ledakan terdengar di seluruh kota, mengganggu ketenangan penduduk yang sedang tertidur.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, Moskow telah meluncurkan lebih dari 1.000 misil dan drone Shahed ke Ukraina. Drone tersebut didesain oleh Iran dan pertama kali digunakan oleh Rusia sejak September 2022. Harganya yang terjangkau dibandingkan dengan misil yang lebih mahal dan sulit diproduksi membuat drone ini menjadi pilihan yang diandalkan oleh Rusia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?