Tampang

Pembentukan ASEAN: Kerjasama Regional di Asia Tenggara

25 Mei 2024 11:25 wib. 87
0 0
ASEAN
Sumber foto: pinterest

Selain itu, ASEAN juga aktif dalam memperkuat kerjasama di bidang sosial, budaya, dan lingkungan. Beberapa inisiatif penting di bidang ini antara lain adalah pembentukan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) dan ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution yang bertujuan untuk mengatasi polusi kabut asap lintas negara di kawasan.

Dalam perkembangannya, ASEAN telah berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai negara dan organisasi di luar kawasan, seperti Cina, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). ASEAN juga aktif dalam berbagai forum regional dan internasional, termasuk East Asia Summit (EAS) dan ASEAN Regional Forum (ARF).

Sejak pembentukannya, ASEAN telah membuktikan keberhasilannya sebagai organisasi regional yang mampu mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemajuan di kawasan Asia Tenggara. Kerjasama antarnegara di dalam ASEAN telah memberikan manfaat yang signifikan bagi pembangunan ekonomi, sosial, dan politik di kawasan tersebut. Dengan semakin kompleksnya tantangan global, peran ASEAN dalam mempromosikan kerjasama dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara menjadi semakin penting.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

4 Alasan Agar Kamu Suka Hari Senin
0 Suka, 0 Komentar, 13 Nov 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%