Tampang

Sentimen Anti-China di Kalangan Masyarakat Amerika Meningkat

4 Mei 2024 15:45 wib. 61
0 0
Sentimen Anti-China di Kalangan Masyarakat Amerika Meningkat
Sumber foto: istock

Mengutip dari hasil survei Pew Research Center yang dirilis pada hari Rabu, jumlah masyarakat Amerika yang merasa tidak menyukai China semakin membesar, dengan persentase yang semakin tinggi dalam menyebut negara itu sebagai musuh Amerika Serikat.

Survei tersebut menemukan bahwa sekitar 42% dari responden menyebut China sebagai musuh Amerika Serikat—persentase tertinggi sejak lembaga pemikir yang berbasis di Washington, D.C. ini mulai mengajukan pertanyaan tersebut pada tahun 2021—naik dari hanya seperempat dua tahun yang lalu.

Lebih dari empat dari lima masyarakat Amerika menyatakan pandangan negatif terhadap China, sedangkan 43% di antaranya melihat negara tersebut sangat tidak menyenangkan. Separuh dari responden mengidentifikasi China sebagai pesaing, sementara 6% melihatnya sebagai mitra bagi Amerika Serikat.

Hasil survei ini muncul di tengah-tengah ketegangan antara dua ekonomi terbesar di dunia ini, dan sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat. Ketegangan ini memuncak terutama dalam hal perdagangan, keamanan nasional, dan isu-isu hak asasi manusia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?