Tampang

Para Ilmuwan Universitas Exeter Ungkap Penyebab Kepunahan Spesies

4 Jul 2018 20:15 wib. 1.255
0 0
Para Ilmuwan Universitas Exeter Ungkap Penyebab Kepunahan Spesies

Saat karnivora punah, spesies predator lain segera mengikuti. Kesimpulan itu diambil berdasarkan penelitian yang baru dilakukan para ilmuwan dari Universitas Exeter. Sebelumnya, mereka telah melakukan percobaan yang pertama untuk membuktikannya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society, Biology Letters itu menunjukkan kematian satu spesies karnivora secara tidak langsung dapat menjadi penyebab kepunahan spesies lainnya. Tim peneliti dari Universitas Exeter percaya kepunahan terhadap jenis apa pun dapat menciptakan efek riak pada jaring-jaring makanan, dengan konsekuensi luas bagi hewan lainnya.

Para ilmuwan menambahkan bobot bukti bahwa pendekatan konservasi spesies tunggal, misalnya manajemen perikanan, sangat tidak tepat. Daripada fokus menjadi holistis, itu seharusnya mencakup berbagai spesies di seluruh ekosistem.

Para peneliti memelihara dua spesies tawon parasit bersama dengan dua jenis kutu daun yang secara eksklusif memberi makan tawon-tawon itu. Mereka menyiapkan tangki dengan berbagai kombinasi spesies dan mengamati mereka selama delapan minggu. Di dalam tangki yang tidak berisi spesies pertama tawon, tawon kedua punah dalam beberapa generasi. Dalam tangki tempat kedua spesies tawon hidup bersama, keduanya berkembang biak dengah baik.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%