Tampang

Nasib Warga Gaza Saat Merayakan Idul Fitri

11 Apr 2024 06:47 wib. 133
0 0
Nasib Warga Gaza Saat Merayakan Idul Fitri
Sumber foto: Detik.com

Idul Fitri, yang seharusnya menjadi momen istimewa untuk dirayakan bersama keluarga dan sahabat, datang dengan "wajah asing" di Palestina. Bagaimana tidak, warga Gaza dan wilayah pendudukan lain menyambut Lebaran dengan kelaparan, bom, dan peluru serangan militer Israel yang bertubi-tubi.

Sebagai contoh, melansir Financial Times pada Selasa (9/4/2024), menyebutkan bahwa di sepanjang jalan gurun terpencil pada akhir Maret 2024 terdapat barisan truk yang hampir tidak bergerak. Hal ini menggambarkan perjuangan sehari-hari untuk memberi makan warga Gaza selama serangan Israel. Bantuan kemanusiaan yang seharusnya diterima warga Gaza pun sudah melalui penyeberangan, namun sebagian besar bantuan masih tertahan di sisi perbatasan yang berlawanan dengan posisi warga Palestina yang berada di ambang kelaparan.

Antrean truk sepanjang empat kilometer membawa 14 ribu ton barang, setara dengan 19 juta makanan siap saji. Proses pengantaran bantuan ini memakan waktu lebih dari tiga hari, jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan laju penyeberangan yang biasa terjadi pada Maret dan April 2024. Pada hari-hari buruk, antrean truk bahkan dapat meregang hingga mencapai bandara El Arish di Mesir, yang berjarak 50 km dari perbatasan.

Lebih jauh lagi, lebih banyak bantuan menunggu di depot-depot di Mesir, namun hanya sedikit bantuan kemanusiaan yang bisa masuk atau didistribusikan di Gaza setiap hari, jauh di bawah perkiraan yang sebenarnya dibutuhkan oleh warga di wilayah kantong tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?