Tampang

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Minta China dan Taiwan Minimalisir Konflik dan Menahan Diri

26 Apr 2024 16:07 wib. 46
0 0
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Minta China-Taiwan Minimalisir Konflik dan Menahan Diri

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, dijadwalkan tiba di China pada Rabu (24/4/2024) dalam rangka kunjungan resmi untuk membahas hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Kunjungan ini dilakukan dalam menghadapi peningkatan ketegangan antara kedua negara, yang memuncak dengan pertemuan antara Xi Jinping, Presiden Tiongkok, dengan AS untuk membahas sejumlah keinginan AS terkait dengan relasi kedua negara.

Pada kunjungannya ke China, Blinken dijadwalkan akan bertemu dengan petinggi Tiongkok, di mana diharapkan bisa mengajukan permintaan agar China dan Taiwan dapat menahan diri dalam situasi yang sedang meningkat tegang menjelang pelantikan presiden Taiwan. Permintaan ini menjadi penting mengingat hubungan antara China dan Taiwan yang selama ini telah menjadi sumber konflik.

Di samping itu, Blinken juga diharapkan dapat menstabilkan hubungan antara Amerika Serikat dengan Beijing. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kondisi yang lebih baik dalam hubungan kedua negara. Sebagaimana dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (24/4/2024), hal tersebut menjadi penting mengingat pentingnya hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok dalam kerangka kerjasama global.

Sebelumnya, pertemuan puncak antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan AS menghasilkan sejumlah keputusan yang disepakati, termasuk diantaranya adalah memulihkan kontak antara militer dari kedua negara. Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk menindak bahan kimia prekursor fentanil, obat penghilang rasa sakit di balik epidemi kecanduan di Amerika Serikat. Kerjasama antara kedua negara dalam hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menangani permasalahan-permasalahan global yang semakin kompleks.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Yuk, Berpetualang Lewat Buku!
0 Suka, 0 Komentar, 13 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?