Tampang

Laporan Kematian Jemaah Haji Akibat Suhu Ekstrem di Arab Saudi

25 Jun 2024 12:25 wib. 44
0 0
Ratusan jemaah haji tampak menggunakan payung untuk melindungi diri dari sengatan panas sinar matahari di Mina, Arab Saudi
Sumber foto: Goggle

Insiden memilukan terjadi di Mina, Arab Saudi pada Selasa (18/6/2024) saat suhu mencapai 49 derajat Celsius. Ratusan jemaah haji terlihat menggunakan payung untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari yang menggigit. Beberapa jemaah terpaksa merelakan nyawanya karena kondisi cuaca yang ekstrem. Situasi ini disebabkan oleh panas yang tidak manusiawi, terutama bagi para jemaah yang datang dari negara dengan iklim lebih dingin.

Sejumlah negara melaporkan serangkaian kematian yang melibatkan jemaah mereka yang sedang menjalani ibadah haji di Arab Saudi. Kabarnya, lebih dari 500 jemaah tewas akibat suhu ekstrim. Namun, secara tak langsung, angka sebenarnya bisa jadi lebih dari dua kali lipat dari laporan resmi.

Angka kematian terus merangkak naik, terutama bagi para jemaah asal Mesir yang jumlahnya diperkirakan mencapai 600 orang. Mereka kehilangan nyawa di tengah perjalanan menuju Mekah karena panas yang tak tertahankan.

CNN Internasional melaporkan bahwa jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal mencapai 165 orang. Sementara itu, negara-negara lain juga melaporkan jumlah korban termasuk dari Malaysia (14 orang), Yordania (75 orang), Pakistan (35 orang), Tunisia (49 orang), Iran (11 orang), dan India (98 orang). Kementerian Luar Negeri Yordania mencatat 27 warga negaranya menjadi jemaah haji yang dirawat di rumah sakit, sedangkan 14 orang lainnya masih hilang. Negara lain seperti Iran dan Senegal juga mengalami nasib serupa dengan melaporkan kematian jemaah haji akibat kondisi cuaca yang ekstrem.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%