Tampang

Krisis Energi Global !?, Negara-Negara Mulai Beralih ke Sumber Energi Terbarukan

23 Sep 2024 14:55 wib. 51
0 0
krisis global
Sumber foto: Google

Tampang.com | Di tengah meningkatnya krisis energi global yang dipicu oleh ketergantungan pada bahan bakar fosil, banyak negara kini mulai beralih ke sumber energi terbarukan. Permintaan akan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan telah mendorong investasi besar-besaran dalam tenaga surya, angin, dan hidrogen hijau. Bagaimana langkah-langkah ini akan mempengaruhi masa depan ekonomi global?

1. Lonjakan Investasi pada Energi Terbarukan

Investasi global dalam energi terbarukan telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Menurut laporan dari International Energy Agency (IEA), pada 2024, diperkirakan investasi dalam energi terbarukan akan melampaui investasi dalam bahan bakar fosil untuk pertama kalinya. Negara-negara seperti China, Amerika Serikat, dan Jerman memimpin dalam hal investasi besar-besaran pada pembangkit tenaga surya dan angin.

Fakta: Pembangkit tenaga surya dan angin kini menjadi sumber energi paling murah di banyak negara, melampaui bahan bakar fosil.

2. Eropa Memimpin Revolusi Energi

Eropa berada di garis depan dalam transisi ke energi terbarukan, terutama karena krisis energi yang diperburuk oleh ketergantungan pada gas alam Rusia. Uni Eropa telah meluncurkan inisiatif ambisius untuk menjadi benua netral karbon pada 2050, dengan investasi besar-besaran dalam tenaga angin lepas pantai dan hidrogen hijau.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.