Tampang

Kekhawatiran Perang Dunia Ketiga Setelah Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi

26 Mei 2024 19:27 wib. 68
0 0
Kekhawatiran Perang Dunia Ketiga Setelah Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi
Sumber foto: google

Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi pada pekan lalu telah menimbulkan beragam spekulasi dan kekhawatiran akan krisis internasional yang lebih besar, termasuk ancaman perang dunia ketiga. Pejabat Amerika Serikat pun menjadi tidak tenang setelah helikopter yang membawa Raisi dan rombongan jatuh pada pekan lalu.

Menurut laporan Politico pada Senin (20/5), telah muncul kekhawatiran di kalangan pejabat Iran bahwa Amerika Serikat dan Israel dapat dituduh telah menyabotase transportasi tersebut. "Untuk sementara waktu, bukanlah pertanyaan yang tidak masuk akal untuk mempertanyakan apakah inilah cara dimulainya Perang Dunia Ketiga," kata salah satu pejabat Amerika Serikat.

Narasi semacam itu juga ramai di media sosial. Tak lama setelah kabar kematian Raisi, kata-kata "Mossad," badan intelijen Israel, "Iran," dan "WWIII" sempat menjadi trending topic di Indonesia. Sejumlah netizen juga menduga bahwa jika benar Israel terlibat dalam tragedi tersebut, hal itu bisa memicu Perang Dunia Ketiga.

Namun, sejauh ini tidak ada informasi dari intelijen yang menyebutkan bahwa helikopter jatuh akibat sabotase. Hasil investigasi awal juga menyatakan bahwa tidak ada serangan yang terjadi dalam kecelakaan tersebut. Helikopter yang membawa Raisi dan rombongan jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur pada 19 Mei. Jumlah penumpang di helikopter tersebut tercatat sembilan orang dan semuanya meninggal, termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Abdollahian, Gubernur Azerbaijan Timur, kepala keamanan, Imam Masjid Tabriz, dan kru pesawat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

New Delhi
0 Suka, 0 Komentar, 12 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%