Tampang

Kekhawatiran Perang Dunia Ketiga Setelah Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi

26 Mei 2024 19:27 wib. 83
0 0
Kekhawatiran Perang Dunia Ketiga Setelah Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi
Sumber foto: google

Sebelum kecelakaan helikopter tersebut, hubungan antara Iran dan Israel sudah memanas. Konflik kedua negara ini memuncak setelah pasukan Zionis melancarkan agresi ke Palestina. Iran merupakan salah satu negara yang memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina. Pada awal-awal agresi, Iran bahkan meminta seluruh dunia untuk memberlakukan sanksi terhadap Israel.

Militer Iran dan Israel juga telah saling serang pada bulan April. Pertama, Israel menyerang fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, yang menyebabkan belasan orang tewas. Salah satu korban adalah seorang komandan pasukan khusus Iran. Hampir dua pekan setelahnya, Iran melakukan serangan langsung ke Israel menggunakan rudal dan drone.

Konflik antara Iran dan AS juga menegang, terutama terkait pembicaraan tentang negosiasi nuklir. Kecemasan atas potensi eskalasi konflik di Timur Tengah tidak dapat diabaikan, dan banyak pihak yang menyatakan keprihatinan akan situasi tersebut.

Dengan peristiwa kematian Presiden Raisi dan ketegangan yang terus memanas antara Iran, Israel, dan Amerika Serikat, kedamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah tampak semakin rentan. Hal ini juga menunjukkan perlunya negosiasi dan diplomasi yang bijaksana untuk mencegah ancaman perang dunia ketiga yang semakin membesar.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengertian Kornea
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%