Tampang

Kamboja Akan Memotong Pengiriman Melalui Vietnam Hingga 70% dengan Kanal Mekong yang Didanai China

10 Mei 2024 06:59 wib. 51
0 0
Kamboja Akan Memotong Pengiriman Melalui Vietnam Hingga 70% dengan Kanal Mekong yang Didanai China
Sumber foto: Kompas.com

Pemerintah Kamboja berencana untuk mengurangi pengiriman melalui pelabuhan Vietnam sebanyak 70% berkat peningkatan kanal senilai $1,7 miliar yang didanai oleh China yang menghubungkan DAS Sungai Mekong dengan pantai Kamboja, menurut Wakil Perdana Menteri Sun Chanthol.

Meskipun adanya kekhawatiran dari kalangan pelestari lingkungan dan pihak berwenang Vietnam terkait potensi kerusakan lingkungan bagi Delta Mekong, Chanthol menekankan bahwa dampak kanal tersebut minimal, dengan merujuk pada ukurannya yang relatif kecil dibanding aliran air Sungai Mekong.

Proyek ini telah menimbulkan ketegangan antara Kamboja dan Vietnam, dimana Kamboja memberitahukan Komisi Sungai Mekong tanpa berkonsultasi dengan negara-negara regional lainnya. Kanal yang diperbarui, dikembangkan oleh China Road and Bridge Corporation, akan mampu mengakomodasi tongkang dan kapal hingga 3.000 ton kapasitas kering, dengan China menanggung biaya dalam pertukaran konsesi.

Meskipun spekulasi tentang penggunaan militer oleh China dibantah, kekhawatiran tetap ada terkait pemindahan penduduk dan pengurangan sumber daya air untuk produksi padi di Vietnam.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?