Tampang

Diguyur Hujan Deras Jalan Lintas Kutai Kartanegara Berlumpur Bikin Macet Parah

28 Nov 2017 08:17 wib. 2.326
0 0
Diguyur Hujan Deras Jalan Lintas Kutai Kartanegara Berlumpur Bikin Macet Parah

Pekerjaan selanjutnya adalah segmen jalan di Desa Sebelimbingan menuju Desa Tuana Tuha di Kecamatan Kenohan sepanjang 32 kilometer. Di segmen inilah, titik yang memuat jalan bubur, terbengkalai pekerjaannya. Keterbatasan anggaran seiring termehek-meheknya APBD Kukar menjadi penyebabnya.

Dari 32 kilometer jalan di Desa Sebelimbingan, sepanjang 2 kilometer masih berbatu dan kasar. Celakanya, saat hujan datang di 2 kilometer itu, 400 meter jalan penuh lumpur. Sepanjang 100 meter adalah titik terparah yang membuat truk besar menginap bermalam-malam. 

Permukaan jalur bubur di 100 meter itu botak. Batu untuk pengerasan jalan sudah tak terlihat. Tanah yang kini berlumpur adalah timbunan ketika jalan dibangun. Tanah uruk merah itu berubah menjadi lumpur bukan saja karena hujan sepekan. Badan jalan turun sekitar 1 meter sehingga posisinya di bawah permukaan Sungai Mahakam yang tepat di bahu jalan. Ketika sungai terpanjang di Kaltim itu pasang, jalur bubur jauh lebih tepat disebut rawa-rawa. 

Luapan sungai dimanfaatkan pengusaha kapal tradisional. Mereka menyediakan jasa mengangkut sepeda motor di bahu jalan sebagai jalur alternatif. Satu sepeda motor dikenai Rp 20 ribu untuk sekali angkut. 

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Mematikan Dari Planet Mars
0 Suka, 0 Komentar, 8 Jul 2017
Memetakan Otak dari Neuron ke Neuron
0 Suka, 0 Komentar, 20 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?