Tampang

Dampak Buruk Fenomena El Nino: Peru Terombang-ambing di Jurang Resesi dan Demam Berdarah

27 Jun 2024 19:30 wib. 52
0 0
Dampak Buruk Fenomena El Nino: Peru Terombang-ambing di Jurang Resesi dan Demam Berdarah
Sumber foto: iStock

Dampak ekonomi negatif akibat El Niño juga sangat terasa di Peru. Sektor pertanian, terutama industri perikanan, menjadi yang paling rentan terdampak. Bukan hanya satu kali, Peru telah beberapa kali terkena dampak buruk dari fenomena El Niño, termasuk di tahun 2023-2024 yang membawa negatif pertumbuhan ekonomi Peru dan kerusakan pada sektor pertanian.

Industri perikanan di lepas pantai Peru sebenarnya sangat produktif, namun El Niño mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem laut. Perubahan suhu air mempengaruhi perkembangan plankton dan populasi ikan, mengakibatkan penangkapan ikan menjadi tidak stabil. Dampaknya, sektor perikanan mengalami kerugian yang signifikan, bahkan mencapai 0,9 juta ton pada setiap musim dan pernah menyebabkan krisis ekonomi di Peru.

El Niño telah menjadi ancaman serius bagi Peru dan telah beberapa kali menyebabkan negara ini terpuruk dalam jurang resesi. Diperlukan upaya serius, baik dalam hal mitigasi dampak, pengurangan risiko bencana, maupun strategi adaptasi untuk menghadapi fenomena ini. Perlu disadari bahwa fenomena iklim seperti El Niño bukanlah hal yang bisa dianggap sepele dan perlu perhatian serius dalam rangka pencegahan dan penanganannya.

Serta, penguatan sektor ekonomi dan industri yang lebih tahan terhadap perubahan iklim menjadi krusial bagi Peru saat ini dan masa yang akan datang. Selain itu, kolaborasi dengan negara-negara lain juga menjadi salah satu hal penting yang harus ditingkatkan dalam menghadapi dampak El Niño. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan juga menjadi faktor penting dalam menghadapi fenomena iklim ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ingin Coba Pancake? Ini Resepnya
0 Suka, 0 Komentar, 1 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%