Tampang

Herpes Zoster: Penyakit yang Tidak Bisa Disembuhkan?

5 Mei 2024 22:35 wib. 74
0 0
Cacar Api atau Herpes zoster
Sumber foto: google

Penyakit herpes zoster, yang juga dikenal dengan sebutan cacar api, adalah kondisi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster. Virus ini juga sama dengan virus yang menyebabkan cacar air. Setelah seseorang sembuh dari infeksi cacar air, virus tersebut dapat tetap berada dalam tubuh dan akan diam selama bertahun-tahun di dalam ganglia saraf. Pada beberapa kasus, virus ini dapat teraktivasi kembali dalam bentuk herpes zoster. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ruam kulit yang terkadang sangat mengganggu. Namun, apakah benar herpes zoster tidak bisa disembuhkan?

Penyebab Herpes Zoster

Sebelum kita membahas apakah herpes zoster dapat disembuhkan atau tidak, ada baiknya kita memahami lebih dalam mengenai penyebab dan gejala dari penyakit ini. Sebagian besar orang yang pernah mengidap cacar air memiliki risiko untuk terkena herpes zoster, terutama ketika sistem kekebalan tubuh melemah akibat stres, penyakit, atau penuaan. 

Ketika virus varisela-zoster teraktivasi kembali, gejala yang muncul bisa berbeda-beda pada setiap individu. Gejala umum yang terjadi adalah rasa sakit yang terbakar, gatal, atau menusuk di daerah kulit yang terkena. Selain itu, ruam berbentuk gelembung yang berwarna merah juga akan muncul pada sisi tubuh yang terkena saraf yang terinfeksi virus. Ruam ini juga dapat menyebabkan sensasi terbakar dan gatal yang tidak tertahankan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?