Tampang

Arab Saudi Tak Akan Akui Israel sampai Palestina Merdeka dan Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota

19 Sep 2024 17:23 wib. 34
0 0
Arab Saudi Tak Akan Akui Israel sampai Palestina Merdeka dan Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota
Sumber foto: website

Arab Saudi dengan tegas mengutuk tindakan pendudukan yang dilakukan oleh Israel dan menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah mengakui Israel selama negara Palestina belum berdiri. Penegasan ini disampaikan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) sebagai respons terhadap terus berlanjutnya tindakan invasi Israel dan perluasan perang yang dilakukan di wilayah Lebanon.

Dalam pidato tahunannya di hadapan Dewan Syura, Mohammed bin Salman menegaskan komitmen Arab Saudi dalam mendukung pendirian negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Dia juga menyampaikan bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel tanpa adanya pengakuan terhadap Palestina.

Saat ini, Arab Saudi memberikan apresiasi kepada negara-negara yang telah mengakui keberadaan negara Palestina sebagai wujud dari legitimasi internasional. Mohammed bin Salman juga berharap agar negara-negara lain yang belum melakukannya untuk ikut mengambil langkah serupa.

Pada tahun lalu, Arab Saudi hampir menormalisasi hubungannya dengan Israel dengan dukungan dari Amerika Serikat. Namun, pecahnya kekerasan pada bulan Oktober antara Israel dan Hamas memaksa Riyadh untuk menghentikan rencana tersebut.

Pada awal tahun ini, sebuah sumber yang dekat dengan pejabat Saudi mengonfirmasi bahwa pembicaraan normalisasi hubungan dengan Israel akan mengalami penundaan. Hal ini disebabkan oleh upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mendapatkan pakta pertahanan dari Amerika Serikat sebagai bagian dari setiap kesepakatan potensial.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.