Tampang

Arab Saudi Mendukung Pengakuan Negara Palestina oleh Tiga Negara Eropa

28 Mei 2024 07:53 wib. 167
0 0
Arab Saudi Mendukung Pengakuan Negara Palestina oleh Tiga Negara Eropa
Sumber foto: google

Saat ini, sekitar 140 negara telah mengakui negara Palestina. Namun demikian, belum ada negara besar di dunia yang melakukannya. Kementerian Luar Negeri Arab Saudi juga mengajak anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang belum mengakui negara Palestina untuk segera melakukannya demi tercapainya perdamaian yang permanen dan adil.

Pada saat yang sama, Arab Saudi menegaskan bahwa mereka tidak akan melakukan normalisasi hubungan yang nyata dengan Israel tanpa adanya negara Palestina. Seorang pejabat senior di keluarga kerajaan Saudi bahkan menyatakannya bahwa pendirian sebuah negara Palestina merupakan kebutuhan Arab dan Islam. Menurutnya, jika hal itu ditinggalkan, maka kerajaan akan dianggap sebagai pengkhianat. Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini, bola ada di tangan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Adanya pengumuman ini membuat AS terlibat. Penasihat Keamanan Nasional AS, Jack Sullivan, mengatakan bahwa Washington hampir mencapai kesepakatan dengan Arab Saudi terkait normalisasi hubungan antara Riyadh dan Tel Aviv. Namun, pernyataan dari pejabat Saudi menegaskan bahwa kesepakatan tersebut harus bergantung pada pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, selain perjanjian keamanan dengan Washington.

Pada sisi lain, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak pembentukan negara Palestina, sementara Presiden Isaac Herzog menganggap normalisasi dengan Arab Saudi sebagai langkah besar menuju perubahan yang radikal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%