Tampang

Alasan Yunani Disebut Greece di Indonesia

18 Jun 2024 16:29 wib. 49
0 0
Alasan Yunani Disebut Greece di Indonesia
Sumber foto: google

Yunani, atau Greece dalam bahasa asing, terletak di Semenanjung Balkan, Eropa, dan dikenal karena memiliki lebih dari 2 ribu pulau, di mana sekitar 170 di antaranya dihuni manusia. Negara ini berbatasan dengan Laut Aegea di timur, Laut Mediterania di selatan, dan Laut Ionia di barat, sementara bagian utara dan timur lautnya berbatasan darat dengan Albania, Republik Makedonia Utara, Bulgaria, dan Turki. Yunani memiliki lanskap yang tandus, sehingga secara historis, orang-orangnya bermigrasi dan berdiaspora ke berbagai belahan dunia.

Penggunaan nama "Greece" untuk negara ini di Indonesia sebenarnya berasal dari sejarah panjang dan kaya di balik nama tersebut. Sebelum dikenal sebagai Greece, negara tersebut dikenal dengan dua kelompok etnis yang menetap di wilayah itu, yaitu suku Hellen dan orang-orang Graes. Dua penduduk tersebut telah ada sejak era Aristoteles dan menguasai sebagian besar wilayah Yunani.

Penggunaan nama "Greece" di Indonesia adalah sebuah akulturasi dari sejarah dan perubahan nama wilayah Yunani dari waktu ke waktu. Nama Yunani berasal dari sebutan bangsa Ionia, penduduk kuno Yunani, yang bermigrasi ke Anatolia barat hingga daratan Turki. Bangsa asli Turki saat itu melihat pendatang dari Yunani langsung mengenali dialek bahasa bangsa tersebut, yang berbeda jauh dengan dialek bangsa Turki. Oleh karena itu, bangsa Ionia dikenal dengan sebutan Yunan atau Yauna, yang kemudian menyebar ke daratan Persia hingga ke berbagai wilayah di Asia.

Penggunaan sebutan Yunan di wilayah Yunani sendiri berasal dari ungkapan bangsa China yang memiliki penamaan wilayah serupa bernama Yunnan, yang memiliki arti 'wilayah selatan yang berwarna'. Penamaan tersebut memiliki hubungan dengan wilayah Yunani di bagian Balkan Eropa yang dikenal dengan negeri berbagai kisah bersejarah. Dari sini, Indonesia kemudian menggunakan kata Yunani sebagai penyebutan negara sarat sejarah peradaban tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

ahok diberhentikan
0 Suka, 0 Komentar, 29 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%