Tampang

Cara Merebus Telur Agar Telur Tetap Utuh dan Mudah Dikupas, Coba Masukkan Bahan Dapur Ini ke Dalam Air Rebusan

13 Jun 2024 04:40 wib. 22
0 0
Cara Merebus Telur Agar Telur Tetap Utuh dan Mudah Dikupas, Coba Masukkan Bahan Dapur Ini ke Dalam Air Rebusan

Telur rebus merupakan salah satu makanan yang nikmat dan fleksibel dalam penggunaannya. Rasanya yang lembut dan teksturnya yang enak membuat telur rebus sering dijadikan bahan dalam berbagai masakan seperti semur, bacem, atau sambal balado. Proses pembuatan telur rebus pun tidak terlalu sulit. Namun, terdapat kekhawatiran tersendiri saat merebus telur yaitu telur pecah saat direbus atau sulit dikupas. Tentu saja, hal ini membuat tampilan telur rebus tidak menarik dan mengurangi kenikmatannya. Untuk itu, diperlukan tips dan trik tertentu agar telur tetap utuh dan kulitnya mudah dikupas.

1. Pertama, Anda dapat mencoba cara merebus telur dengan memasukkan telur langsung dalam air mendidih. Telur yang dimasak dengan cara ini akan lebih mudah dikupas daripada telur yang direbus bersama air dingin. Pastikan untuk menggunakan saringan berlubang agar telur tidak kempes dan tetap dalam posisi yang lurus di dalam panci. Selain itu, pertahankan suhu air dalam keadaan mendidih namun jangan terlalu bergejolak agar telur tidak berbenturan.

2. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menambahkan baking soda ke dalam air rebusan telur. Baking soda bersifat basa dan dapat membantu melonggarkan ikatan antara putih telur dan kulitnya. Dengan begitu, telur akan lebih mudah dikupas setelah matang. Selain baking soda, Anda juga perlu menggunakan pengatur waktu untuk memasak telur sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Jika Anda ingin telur rebus setengah matang, atur waktu memasak selama tujuh menit agar putih dan kuning telur cukup keras namun masih lengket. Sedangkan jika Anda menginginkan telur matang sempurna, setel waktu memasak selama 10 menit.

3. Selanjutnya, after cook, Anda bisa menggunakan semangkuk air es untuk membantu proses pengupasan kulit telur. Setelah merebus telur, pindahkan telur ke dalam mangkuk es dan biarkan selama dua hingga tiga menit. Selanjutnya, kupas telur di bawah air yang mengalir jika diperlukan, hal ini dapat membantu kulit terkelupas dengan lebih mudah. Atau Anda juga dapat membiarkan telur dalam panci bersama air panas setelah mendidih. Setelah itu, pindahkan telur ke dalam air es dan biarkan selama beberapa menit sebelum mengupasnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%