Tampang

Cara Mengetahui Ketupat Sudah Matang dan Cara Membuat Ketupat Anti Gagal

27 Mar 2024 11:45 wib. 879
0 0
Ketupat Lebaran
Sumber foto: Pinterest.com

Ketupat merupakan makanan khas lebaran yang selalu dinanti-nantikan. Namun, seringkali kita kesulitan dalam menentukan apakah ketupat sudah matang atau belum. Ketika membuat ketupat, kita harus memastikan bahwa ketupat telah matang sempurna untuk memastikan rasanya enak dan aman untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah ketupat sudah matang atau belum.

Cara pertama untuk mengetahui apakah ketupat sudah matang adalah dengan cara menekannya. Ketupat yang sudah matang akan terasa padat dan tidak terlalu lembek saat ditekan. Selain itu, ketupat yang sudah matang juga akan terasa kokoh dan tidak mudah hancur saat disentuh.

Cara kedua adalah dengan cara melihat warna ketupat. Ketupat yang masih mentah cenderung memiliki warna yang sedikit cokelat atau kehijauan, tetapi ketupat yang sudah matang akan memiliki warna putih bersih.

Untuk membuat ketupat yang anti gagal, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti beras, daun kelapa, dan garam secukupnya. Lalu, cuci beras hingga bersih dan rendam dalam air selama beberapa jam. Setelah itu, isi daun kelapa dengan beras dan tambahkan garam secukupnya. Kemudian, rapatkan daun kelapa dan ikat dengan tali rapia. Selanjutnya, rebus ketupat dalam air mendidih selama 4-5 jam hingga matang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?