Tampang

Pemuda di Indramayu 'Doyan' Makan Paku, Berujung Masuk RS

28 Jun 2024 13:28 wib. 302
0 0
Pemuda di Indramayu 'Doyan' Makan Paku, Berujung Masuk RS
Sumber foto: google

Pemuda di Indramayu belakangan ini menjadi sorotan publik setelah aksi nekat mereka makan paku. Fenomena ini menjadi perhatian khusus karena tidak hanya berdampak pada kesehatan pemuda, tetapi juga menimbulkan pertanyaan besar terkait motif di balik aksi tersebut. Insiden tersebut berujung pada masuknya beberapa pemuda ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Seorang pria berinisial SH (22), warga Indramayu terpaksa menjalani operasi di rumah sakit dikarenakan ada 70 paku di dalam tubuhnya yang ia telan sendiri selama 6 bulan lamanya. Kebiasaan SH (22) pemuda asal Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu makan benda tajam seperti paku dan jarum berawal dari halusinasi. Hasil pemeriksaan medis, SH mengidap waham kebesaran atau delusion of grandiosty. SH merasa kebal hingga mendorongnya untuk memakan paku dan jarum pentul.

Ketidaktahuan akan bahaya yang ditimbulkan dari aksi tersebut telah membawa sejumlah pemuda Indramayu ke rumah sakit. Para dokter di RS setempat menyatakan bahwa paku yang dimakan dapat memberikan dampak yang sangat serius bagi kesehatan. Mulai dari kerusakan pada lambung, pendarahan, hingga infeksi dalam tubuh.

Istilah waham kebesaran ditunjukkan pada orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) yang berhalusinasi bahwa dirinya merupakan orang penting dan berpengaruh, mungkin mempunyai kelebihan kekuatan yang terpendam, atau benar-benar merupakan figur orang kuat sepanjang sejarah. "Jadi kalau analisa dokternya tuh itu ada waham kebesaran, merasa dia itu kebal," kata Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonni Koswara dihubungi, Rabu (25/6/2024).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%