Tampang

Vaksin Mpox Sudah Disetujui WHO dan BPOM, Ini Pilihan Jenisnya

12 Sep 2024 13:29 wib. 78
0 0
Vaksin Mpox Sudah Disetujui WHO dan BPOM
Sumber foto: website

Virus Mpox atau yang lebih dikenal dengan cacar monyet telah menjadi perhatian serius di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Indonesia akan menyediakan vaksin Mpox untuk kelompok yang berisiko tinggi, sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Untungnya, saat ini Indonesia telah mendapatkan persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk memberikan vaksin kepada kelompok berisiko tinggi dalam situasi darurat kesehatan.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, dalam pelaksanaan vaksinasi, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) ikut serta dalam pemantauan keamanan serta memastikan manfaat pemberian vaksin Mpox sebagai upaya pencegahan penularan virus Mpox (MPXV).

“Vaksin Mpox telah menerima Emergency Use Listing (EUL) dari WHO dan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM, sehingga vaksin ini boleh digunakan dalam kondisi darurat,” ujar Syahril dalam keterangannya yang resmi, Kamis (12/9/2024).

“BPOM bersama dengan Komnas KIPI yang independen terus memantau penggunaan vaksin ini untuk memastikan keamanan dan manfaatnya,” katanya.

Saat ini, vaksin Mpox yang digunakan di Indonesia adalah jenis Modified Vaccinia Ankara-Bavarian Nordic (MVA-BN), yaitu vaksin turunan cacar (smallpox) generasi ketiga yang bersifat non-replicating. Pelaksanaan vaksinasi Mpox dengan MVA-BN telah dilakukan sejak 2023, setelah ditemukan kasus konfirmasi Mpox di Indonesia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

7 Website Untuk Para Penggila Buku
0 Suka, 0 Komentar, 23 Agu 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?