Tampang

Pengertian dan Tuntunan dalam Islam

2 Jun 2024 17:53 wib. 64
0 0
sujud tilawah
Sumber foto: Google

Apa Itu Sujud Tilawah? Sujud Tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat tertentu dalam Al-Qur'an. Sujud Tilawah dilakukan sebagai tanda rasa hormat dan penghormatan terhadap ayat suci Al-Qur'an yang menjadi petunjuk hidup umat manusia. Sujud Tilawah bukanlah bagian dari shalat, namun merupakan sujud khusus sebagai bentuk ibadah yang dilakukan sebagai reaksi terhadap ayat-ayat tertentu yang menuntut sujud.

Dalam Islam, Sujud Tilawah memiliki kedudukan yang sangat istimewa. Dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada ayat suci Al-Qur'an, Sujud Tilawah juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Praktik sujud ini menunjukkan kepatuhan dan ketaatan kepada ajaran Allah SWT sehingga menjadi bagian penting dalam pemahaman dan praktik keagamaan umat Islam.

Dalam tuntunan agama, Sujud Tilawah dapat dilakukan oleh setiap orang yang mendengar atau membaca ayat-ayat yang menuntut sujud. Sujud Tilawah tidak diperintahkan untuk seluruh ayat di Al-Qur'an, melainkan hanya pada ayat-ayat tertentu. Ayat-ayat yang menuntut Sujud Tilawah antara lain dapat ditemukan dalam Surah as-Sajdah (surah ke-32) dan Surah an-Najm (surah ke-53) Al-Qur'an.

Tata Cara Melakukan Sujud Tilawah

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%