Tampang

Ungkap Hal Sepele yang Bisa Bikin Pikun

20 Jul 2024 13:56 wib. 100
0 0
Ungkap Hal Sepele yang Bisa Bikin Pikun
Sumber foto: pinterest

Pikun atau penyakit demensia merupakan kondisi yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi risiko seseorang mengalami pikun, dan ternyata, beberapa di antaranya berkaitan dengan hal-hal sepele yang sering diabaikan. Hal sepele seperti apa sajakah yang bisa berdampak pada risiko pikun seseorang?

Kurangnya Tidur

Satu hal sepele yang sering diabaikan namun memiliki dampak serius adalah kurangnya tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko demensia pada orang dewasa. Saat kita tidur, otak kita membersihkan racun yang dapat memicu gangguan kognitif. Oleh karena itu, kurang tidur dapat mengganggu proses ini dan meningkatkan risiko pikun di kemudian hari.

Kurangnya Aktivitas Otak

Kegiatan sepele seperti menonton televisi atau berselancar di media sosial bisa memberikan hiburan, namun jika aktivitas ini dilakukan secara berlebihan sambil mengabaikan aktivitas yang memerlukan pemikiran lebih, maka hal ini dapat menyebabkan penurunan aktivitas otak. Kurangnya rangsangan otak dapat mempengaruhi kesehatan mental, termasuk meningkatkan risiko pikun di usia tua.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

game islami
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jun 2019

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?