Tampang

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gusi

18 Jul 2024 14:56 wib. 231
0 0
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gusi
Sumber foto: Google

4. Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan kalsium, sangat penting untuk kesehatan gusi. Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula karena dapat meningkatkan risiko pembentukan plak dan karies gigi yang dapat mempengaruhi gusi.

5. Hindari Merokok

Merokok dapat memperburuk kesehatan gusi dan memperlambat proses penyembuhan. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi dibandingkan non-perokok. Jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti demi kesehatan gusi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi. Dokter gigi dapat mendeteksi masalah gusi sejak dini dan memberikan perawatan yang diperlukan. Disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan profesional.

7. Hindari Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan gusi dengan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terhadap infeksi termasuk penyakit gusi. Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau aktivitas fisik untuk mengelola stres.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.