Tampang

Memahami Resistensi Antibiotik

21 Agu 2017 21:28 wib. 2.115
0 0
Memahami Resistensi Antibiotik

Memahami mengapa bakteri menjadi resisten antibiotik adalah mengetahui bagaimana bakteri merespon obat yang berusaha membunuh mereka. Dalam sebuah studi baru, para peneliti dari Boston College melaporkan bahwa antibiotik mengganggu tanggapan defensif genetik pada bakteri mematikan.

Ketika menghadapi ancaman seperti kekurangan nutrisi, bakteri mematikan Streptococcus pneumoniae memberikan respons yang sangat terorganisir - yang dipengaruhi oleh evolusi genetik bakteri dan didukung oleh gen yang merespons tekanan secara kooperatif. Tapi ketika dihadapkan dengan antibiotik - bentuk tekanan yang relatif baru - bakteri tersebut menciptakan pertahanan dengan bingung.

"Tapi tanggapan terhadap antibiotik sangat tidak terorganisir, menunjukkan bahwa organisme tersebut mengalami kesulitan dengan tekanan ini, mencoba segala macam hal yang tidak terkait untuk mencapai solusi dan mengatasi tekanan," katanya. "Ini menunjukkan bahwa bakteri tersebut jauh kurang familiar dengan antibiotik, bukan 'mengetahui' bagaimana merespon dengan tepat."

Van Opijnen, seorang pakar di bidang bakteri, mengatakan bahwa temuan tersebut dapat memajukan pengembangan obat baru dan juga membantu memprediksi bagaimana bakteri berkembang, beradaptasi dan menjadi resisten terhadap antibiotik.

<123>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?