Tampang

Penurunan Cadangan Devisa RI Menjadi US$140,4 Miliar pada Maret, Turun US$3,6 Miliar dari Bulan Sebelumnya

6 Apr 2024 08:34 wib. 46
0 0
Penurunan Cadangan Devisa RI Menjadi US$140,4 Miliar pada Maret, Turun US$3,6 Miliar dari Bulan Sebelumnya
Sumber foto: Cnbcindonesia.com

Cadangan Devisa (Cadev) Indonesia per akhir Maret 2024 mengalami penurunan sebesar US$3,6 miliar menjadi US$140,4 miliar. Sebelumnya, pada Februari 2024, cadangan devisa mencapai US$144 miliar.

Menurut siaran pers Bank Indonesia (BI) yang dirilis pada Jumat (5/4/2024), penurunan angka cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya adalah pembayaran utang luar negeri pemerintah, antisipasi kebutuhan likuiditas valas korporasi, serta kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sebagai respons terhadap ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi.

Meskipun terjadi penurunan, posisi cadangan devisa tersebut masih setara dengan pembiayaan 6,4 bulan impor atau 6,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Bahkan, angka tersebut masih berada di atas standar kecukupan internasional yang sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia dalam siaran persnya menyatakan, "Cadangan devisa tersebut dianggap mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan." Hal ini menunjukkan bahwa BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai ke depannya, seiring dengan stabilitas dan prospek ekonomi nasional yang terus terjaga.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

vainglory
0 Suka, 0 Komentar, 20 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?