Tampang

Manisnya Semangka Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah, Mitos atau Fakta?

8 Jun 2024 20:37 wib. 57
0 0
Manisnya Semangka Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah, Mitos atau Fakta?
Sumber foto: pinterest

Makanan manis, baik olahan maupun buah-buahan secara alami, seringkali menjadi momok bagi para pengidap diabetes. Hal ini tentu karena kekhawatiran akan gula darah yang mungkin saja melonjak setelah mengkonsumsinya. Namun demikian, nyatanya tidak semua jenis makanan manis menjadi pantangan bagi pengidap diabetes.

Salah satu makanan manis yang terbilang aman untuk pengidap diabetes adalah semangka. Tentu hal ini selama dikonsumsi dalam batas wajar. Menurut penelitian, semangka memiliki skala indeks glikemik (GI) kisaran 72. GI sendiri digunakan untuk mengukur seberapa cepat gula dalam suatu makanan masuk aliran darah sehingga menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. 

Namun, tidak perlu terlalu khawatir untuk mengonsumsi buah berair satu ini. Menurut Defeat Diabetes Foundation, kadar air yang tinggi dalam semangka membuat per 120 gram nya mengandung glikemik rendah yang berada di angka 5. 

Meski begitu, mengonsumsi semangka dalam bentuk jus tidak disarankan bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi. Ini karena semangka yang di jus akan membuat kandungan glikemiknya menjadi lebih tinggi. Terlepas dari kandungan gula, banyak kandungan vitamin dan mineral dalam semangka. Dirangkum dari beberapa sumber pada Kamis (6/6/2024), berikut di antaranya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ingin Buka Bisnis Kue? Inilah Jurusnya
0 Suka, 0 Komentar, 17 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%