Tampang

Kemenkes Pastikan Anak Indonesia Dapat 2 Dosis Imunisasi saat PIN Polio

21 Sep 2024 23:08 wib. 46
0 0
Kemenkes Pastikan Anak Indonesia Dapat 2 Dosis Imunisasi saat PIN Polio
Sumber foto: website

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI beserta pemerintah daerah telah giat melakukan upaya pemberian 2 dosis imunisasi tambahan polio melalui kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Langkah ini merupakan respons aktif terhadap penularan dan upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio yang tengah mengancam di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kasus polio masih terus dilaporkan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Aceh (Pidie, Aceh Utara, Bireuen), Purwakarta, Klaten, Sampang, Pamekasan, Pandeglang, Mimika, Nduga, dan Asmat. Namun, penyakit ini sebenarnya dapat dicegah melalui imunisasi polio lengkap. Imunisasi polio yang termasuk dalam program nasional terdiri dari dua jenis vaksin, yaitu vaksin polio tetes atau Oral Polio Vaccine (OPV) yang diberikan dalam 4 dosis, dan vaksin polio suntik atau Inactivated Polio Vaccine (IPV) yang diberikan dalam 2 dosis. Kedua vaksin tersebut aman dan memberikan kekebalan optimal.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr. Prima Yosephine, MKM, mengungkapkan bahwa pemberian imunisasi tambahan pada PIN Polio secara serentak dan massal sangat penting untuk memutus rantai penularan virus dan menghentikan KLB. Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang diberikan adalah vaksin polio tetes.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.