Tampang

Jalur Alternatif Mudik, Ini 6 Jalan Tol Fungsional yang Dibuka saat Libur Lebaran

31 Mar 2024 19:29 wib. 92
0 0
Jalan Tol
Sumber foto: Pinterest.com

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memastikan infrastruktur jalan tol siap mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024, khususnya di Pulau Jawa. Dalam rangka itu, beberapa ruas tol fungsional akan dibuka untuk mendukung kelancaran lalu lintas.

Menurut Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Kementerian PUPR, Tulus Abadi, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebanyak 193,6 juta jiwa selama momen angkutan Lebaran. Saat ini, jalan tol yang beroperasi keseluruhan di Indonesia mencapai 2.835 kilometer, dan di Pulau Jawa sendiri terdapat jalan tol sepanjang 1.782 kilometer.

Di Pulau Jawa, terdapat tiga jalan tol fungsional yang siap digunakan sebagai jalur darurat bagi para pemudik. Ketiga jalan tol tersebut antara lain Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung sepanjang 19,65 kilometer, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 kilometer, dan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Seksi Kartasura-Karanganom sepanjang 22,3 kilometer.

Selain itu, berdasarkan unggahan akun Instagram @bpjt_pupr, terdapat total 6 ruas jalan tol fungsional di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra yang direncanakan akan dibuka selama arus mudik. Di Pulau Sumatra, terdapat Tol Bangkinang-Koto Kampar Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 22,3 kilometer, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 47,15 kilometer, dan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer yang akan dibuka.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Al Quran
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?