Tampang

Gagal Ginjal pada Anak Muda: Penyebab dan Upaya Pencegahan

14 Jul 2024 09:39 wib. 348
0 0
Gagal Ginjal pada Anak Muda: Penyebab dan Upaya Pencegahan
Sumber foto: iStock

Memperdalam pembicaraan tersebut, dr. Tunggul juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula, garam, dan makanan ultra-olah atau junk food dapat meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes, yang keduanya merupakan faktor risiko utama gagal ginjal kronis. Pengaruh dari pola hidup yang tidak sehat ini telah menjadi perhatian serius di kalangan tenaga medis dan merupakan panggilan untuk kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat.

"Gaya hidup dan konsumsi makanan tertentu seperti junk food dapat memengaruhi keadaan ginjal, sehingga pada usia yang lebih muda, risiko terkena gagal ginjal kian meningkat," ujar dr. Tunggul.

Gagal ginjal kronis sebenarnya merupakan penyakit yang kompleks, tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja. Banyak faktor risiko yang dapat memicu terjadinya gagal ginjal kronis, yang perjalanannya dapat berlangsung dalam waktu yang cukup panjang. Dalam banyak kasus, tahap awal dari gagal ginjal tidak menunjukkan gejala yang jelas, sehingga seringkali orang baru menyadari ada sesuatu yang tidak beres saat kondisi ginjal sudah cukup parah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.