Tampang

Daftar Jajanan Indonesia dengan Lemak Trans Tinggi Menurut WHO

7 Mei 2024 10:28 wib. 45
0 0
Daftar Jajanan Indonesia dengan Lemak Trans Tinggi Menurut WHO
Sumber foto: google

Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengungkapkan sejumlah jajanan Indonesia yang mengandung lemak trans dengan kadar yang melebihi ambang batas normal. Hal ini merupakan penilaian terhadap makanan yang mengandung lemak trans dalam pasokan pangan di Indonesia.

Menurut temuan WHO, hampir 10 persen sampel makanan di Indonesia mengandung lemak trans dengan kadar melebihi ambang batas yang direkomendasikan, yaitu kurang dari 2 g/100g total lemak. Hal ini disampaikan oleh dr. Lubna Bhatti, Team Lead NCDs and Healthier Population, WHO Indonesia, seperti dilaporkan oleh detik.

Pihak WHO juga mencatat bahwa jajanan yang banyak ditemukan mengandung lemak trans tinggi antara lain adalah: biskuit, wafer, produk roti, martabak, roti Maryam, jajanan kaki lima, dan jajanan kekinian. Lemak trans sendiri merupakan jenis lemak alami yang terdapat pada pangan hewani seperti ayam dan daging merah, namun terdapat pula lemak trans buatan yang biasa terdapat pada es krim, santan, dan mentega.

Dampak buruk dari konsumsi lemak trans secara berlebihan telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, peradangan, kenaikan berat badan, jumlah kolesterol 'jahat', serta risiko kanker. Oleh karena itu, WHO mendorong pemerintah Indonesia untuk menetapkan batas kandungan lemak trans pada pangan dengan kebijakan peraturan yang kuat dan didukung oleh undang-undang nasional. 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Mata Uang Baru Zimbabwe
0 Suka, 0 Komentar, 8 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?