Tampang

Cara Aman Makan Ikan Agar Terhindar dari Merkuri untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Keluarga

27 Mei 2024 18:39 wib. 77
0 0
Cara Aman Makan Ikan Agar untuk Kesehatan
Sumber foto: Google

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ada risiko terkait dengan konsumsi ikan, terutama terkait dengan kandungan merkuri di dalamnya. Merkuri adalah logam berat yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara aman makan ikan agar terhindar dari merkuri, demi menjaga kesehatan tubuh dan keluarga.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara aman makan ikan agar terhindar dari merkuri, ada baiknya kita memahami apa itu merkuri dan mengapa penting untuk menghindarinya. Merkuri adalah zat berbahaya yang bisa terakumulasi dalam tubuh manusia dan menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal, dan otak. Khususnya, wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak lebih rentan terhadap dampak merkuri ini.

Untuk itu, jika kita ingin tetap menikmati manfaat gizi dari ikan tanpa harus khawatir akan paparan merkuri, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Berikut adalah beberapa cara aman makan ikan agar terhindar dari merkuri guna menjaga kesehatan tubuh dan keluarga:

1. Pilih Jenis Ikan yang Aman
Sebagian besar ikan laut mengandung merkuri, namun ada beberapa jenis ikan yang cenderung memiliki kandungan merkuri lebih rendah daripada yang lain. Jenis ikan yang cenderung aman untuk dikonsumsi adalah ikan kecil seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan teri, ikan teri nasi, dan sebagainya. Hindarilah ikan predator besar seperti hiu, marlin, dan tuna.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%