Tampang

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Jantung?

1 Jul 2024 14:58 wib. 41
0 0
penyakit jantung
Sumber foto: google

4. Berhenti Merokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. Zat kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, yang mengarah pada penyempitan arteri dan peningkatan risiko serangan jantung. Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, tetapi banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu, seperti program berhenti merokok, terapi penggantian nikotin, dan dukungan dari keluarga dan teman.

5. Mengelola Stres
Stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Teknik pengelolaan stres seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan dapat membantu menurunkan tingkat stres. Selain itu, menjaga hubungan sosial yang baik dan mencari dukungan dari orang-orang terdekat juga bisa membantu mengurangi stres. Cobalah untuk menemukan waktu setiap hari untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati dan yang dapat membantu Anda rileks.

6. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam per malam dan menciptakan rutinitas tidur yang baik, seperti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, serta menghindari layar gadget sebelum tidur.

7. Mengontrol Berat Badan
Berat badan berlebih atau obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga adalah kunci untuk mengurangi risiko ini. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran dan dukungan yang tepat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%