Tampang

7 Ciri Kaki Gatal Karena Diabetes

26 Mar 2024 03:57 wib. 130
0 0
7 Ciri Kaki Gatal Karena Diabetes
Sumber foto: Google

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat memengaruhi kesehatan kaki, dimana salah satu gejala yang sering muncul adalah rasa gatal pada kaki. Gatal pada kaki akibat diabetes dapat menjadi tanda adanya komplikasi yang perlu diwaspadai. Kaki gatal pada penderita diabetes bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang terkait dengan kondisi tersebut. Beberapa penyebab utama kaki gatal pada penderita diabetes meliputi neuropati diabetik, infeksi jamur, keringat berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri kaki gatal karena diabetes agar dapat segera melakukan penanganan yang tepat. Berikut adalah 7 ciri kaki gatal karena diabetes yang perlu diwaspadai.

  • Gatal yang Berlebihan

Salah satu ciri utama kaki gatal karena diabetes adalah gatal yang terasa sangat berlebihan. Gatal yang tidak kunjung reda meskipun telah menggunakan berbagai jenis salep atau krim, bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius yang berkaitan dengan diabetes.

  • Munculnya Ruam atau Luka

Kaki yang gatal akibat diabetes juga dapat disertai dengan munculnya ruam atau luka di kulit. Ruam ini seringkali disertai dengan sensasi terbakar atau terasa seperti ditusuk-tusuk, dan dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada saraf perifer akibat diabetes.

  • Kulit Kering dan Mengelupas

Penderita diabetes seringkali mengalami gangguan pada kelenjar minyak di kulit, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas. Kondisi ini dapat memicu rasa gatal yang persisten pada kaki, terutama di bagian tumit dan telapak kaki.

  • Perubahan Warna Kulit
<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?