Tampang

Studi Menemukan, Ladang Minyak Melepaskan Gas Metana Jauh Lebih Banyak Daripada Yang Diperkirakan

19 Mar 2024 12:46 wib. 143
0 0
Studi Menemukan, Ladang Minyak Melepaskan Gas Metana Jauh Lebih Banyak Daripada Yang Diperkirakan
Sumber foto: google

Para ilmuwan semakin mengalihkan perhatian mereka untuk mendapatkan pengukuran yang lebih baik terhadap emisi metana yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang sebagian besar berasal dari industri minyak dan gas. MethaneSAT, satelit yang diluncurkan bulan ini oleh Environmental Defense Fund, dirancang untuk melacak metana dalam skala global. Ini adalah salah satu dari beberapa satelit yang dapat mendeteksi dan mengukur metana dari luar angkasa.

Studi baru ini menemukan bahwa tingkat emisi metana sangat bervariasi antar wilayah, dari 0,75 persen di Pennsylvania hingga lebih dari 9 persen di beberapa bagian New Mexico. Salah satu alasan tingginya tingkat pengeboran di New Mexico adalah karena para operator di sana cenderung melakukan pengeboran minyak, bukan gas, dan hanya akan melepaskan sebagian besar gas yang dilepaskan ke atmosfer.

Ritesh Gautam, ilmuwan di EDF yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan penelitian ini memberikan data baru yang penting. Ia juga mengatakan bahwa pengukuran yang lebih komprehensif, termasuk data dari MethaneSAT, akan segera melengkapi survei ini. “Untuk mendapatkan gambaran yang utuh, data tersebut perlu dipadukan dengan pengukuran langsung total emisi metana,” ujarnya.

Dalam analisis terpisah yang dirilis Rabu, Badan Energi Internasional mengatakan emisi metana dari sektor energi masih mendekati rekor tertinggi pada tahun 2023. Namun badan ini juga memberikan harapan, dengan mengatakan bahwa langkah-langkah baru yang diumumkan dalam beberapa bulan terakhir dapat segera menurunkan emisi tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jokowi Setelah Perppu Ormas
0 Suka, 0 Komentar, 16 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?