Tampang

Manfaat Tabur Micin ke Tanaman di Samping Rumah, Rugi Baru Tahu Khasiatnya Sekarang

16 Jun 2024 18:25 wib. 49
0 0
Manfaat Micin
Sumber foto: Goggle

Ternyata taburan micin ke tanaman cabai membawa banyak manfaat yang tak terduga. Micin, yang kerap dianggap hanya sebagai bumbu penyedap dalam masakan, memiliki kegunaan lain yang patut untuk dicoba.

Jika kita melihat kandungan micin atau MSG, ada asam glutamat sebanyak 78 persen, natrium benzoat 12 persen, dan 10 persen air. Asam glutamat tersebut merupakan asam amino yang juga terdapat pada makanan alami lainnya seperti tomat, susu, dan keju. Sementara itu, natrium adalah unsur hara mikro yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman.

Ternyata, efek positif dari menaburkan micin ke tanaman sangat mengejutkan. Salah satunya adalah meningkatkan kadar air pada tanaman. Kandungan natrium pada micin menyebabkan tanaman dapat mengikat air untuk diserap langsung. Hal ini sangat bermanfaat terutama di musim kemarau yang sering membuat tanaman kekurangan air.

Efek lainnya adalah mempercepat pembungaan pada tanaman, terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Pemberian micin juga dapat merangsang pertumbuhan tanaman, terutama saat tanaman berusia sekitar 2 minggu. Selain itu, micin juga dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit. Hal ini disebabkan oleh kemampuan natrium untuk menggantikan peran kalium dalam memberikan kekuatan dan daya tahan tumbuhan terhadap penyakit.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Penyebab Munculnya Sifat Dengki.
0 Suka, 0 Komentar, 25 Okt 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%