Tampang

Angela Davis: Aktivisme dan Perjuangan Melawan Ketidakadilan Rasial dan Gender

28 Jul 2024 08:02 wib. 117
0 0
Angela Davis
Sumber foto: Google

Angela Yvonne Davis adalah seorang aktivis, penulis, dan profesor yang dikenal di seluruh dunia karena perjuangannya melawan ketidakadilan rasial dan gender. Lahir pada 26 Januari 1944, di Birmingham, Alabama, Davis tumbuh dalam lingkungan yang dipenuhi dengan diskriminasi rasial. Pengalaman masa kecilnya di "Dynamite Hill," sebuah lingkungan yang sering menjadi sasaran pemboman oleh supremasi kulit putih, membentuk pandangannya tentang ketidakadilan dan menanamkan dalam dirinya semangat untuk melawan ketidakadilan.

Awal Karier Aktivisme

Davis memulai karier akademiknya di Brandeis University dan kemudian melanjutkan studi pascasarjana di University of California, San Diego, di mana dia belajar di bawah bimbingan filsuf Herbert Marcuse. Di sinilah ia mulai terlibat dalam gerakan sosial dan politik. Davis bergabung dengan Black Panther Party dan Communist Party USA, yang memberikan landasan bagi aktivismenya.

Pada tahun 1969, Davis dipecat dari posisinya sebagai asisten profesor di University of California, Los Angeles (UCLA), karena afiliasinya dengan Partai Komunis. Keputusan ini memicu protes dari mahasiswa dan rekan-rekan akademisi, menyoroti isu kebebasan akademik dan diskriminasi ideologis.

Kontroversi dan Penganiayaan

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Putin Mengundang Trump ke Moskow
0 Suka, 0 Komentar, 28 Jul 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?