Tampang

Benarkah Konsumsi Rumah Tangga Bisa Menjadi Solusi Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

1 Jun 2024 21:55 wib. 71
0 0
Benarkah Konsumsi Rumah Tangga Bisa Menjadi Solusi Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber foto: Google

Sejumlah kalangan sudah memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 bakal mencapai 5,17%. Prediksi ini tidak dilepaskan dari terjadinya pergeseran Ramadhan, yang mengakibatkan peningkatan permintaan secara musiman dari kuartal kedua tahun sebelumnya ke kuartal pertama tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2024 bakal mencapai 5,17%. Pertumbuhan ini masih sangat bergantung pada konsumsi rumah tangga yang semakin meningkat seiring dengan permintaan musiman selama bulan Ramadhan. Fenomena ini juga didukung oleh pemberian tunjangan hari raya (THR).

Pertumbuhan ekonomi yang positif diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif, diharapkan negara dapat menjaga stabilitas dalam sektor perekonomian.

Konsumsi rumah tangga memang memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pengeluaran konsumsi rumah tangga dapat menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi. Ketika konsumsi rumah tangga meningkat, akan terjadi peningkatan permintaan akan barang dan jasa, sehingga produsen akan meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan tersebut. Dengan begitu, aktivitas ekonomi akan semakin meningkat, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

11 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
0 Suka, 0 Komentar, 25 Apr 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%