Tampang

Skill Ketekunan dan Kegigihan Membantu Mewujudkan Kesuksesan Anak

21 Jun 2024 18:07 wib. 48
0 0
Skill Ketekunan dan Kegigihan Membantu Mewujudkan Kesuksesan Anak
Sumber foto: Unsplash

Psikolog anak, Michele Borba, pernah menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan anak. Menurutnya, salah satu kunci penting yang dapat menentukan keberhasilan anak adalah penguasaan skill yang dapat diajarkan sejak dini oleh orang tua. Dua skill utama yang memiliki peran penting dalam kesuksesan tersebut adalah ketekunan dan kegigihan.

Anak-anak yang memiliki ketekunan, yang tidak mudah menyerah, cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa usaha yang mereka lakukan akan membuahkan hasil yang baik. Hal ini membantu mereka tetap termotivasi untuk bekerja keras dan menyelesaikan apa pun yang mereka mulai, kendati dihadapkan pada berbagai hambatan dan tantangan.

Menurut CNBC Internasional, Michele Borba menjelaskan, “Saya menemukan bahwa ketekunan adalah soft skill nomor 1 yang membedakan anak-anak yang memiliki motivasi tinggi dengan mereka yang mudah menyerah.”

Tak hanya itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology menemukan bahwa anak-anak berusia 15 bulan dapat mempelajari ketekunan jika mereka melihat contoh perilaku tersebut dari orang tua mereka. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menyaksikan orang dewasa berjuang untuk mencapai tujuan akan berusaha lebih keras dalam menyelesaikan tugas yang sulit, daripada anak-anak yang melihat orang dewasa berhasil dengan mudah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%