Tampang

Kebiasaan yang Paling Merusak Finansial Generasi Milenial Sekarang

4 Jul 2024 19:57 wib. 292
0 0
Kebiasaan yang Paling Merusak Finansial Generasi Milenial Sekarang
Sumber foto: Google

Menjadi berhasil dalam karier di usia muda bisa sangat memuaskan. Pada usia ini, pengeluaran seseorang cenderung lebih kecil daripada saat usia lebih tua dan memiliki keluarga, sementara penghasilannya sudah mencapai dua digit setiap bulan.

Namun demikian, kita harus tetap hati-hati dalam mengelola uang. Karena kecerobohan dalam pengeluaran uang berpotensi merusak kondisi finansial seseorang!

Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari, karena dikatakan dapat merugikan keuangan seseorang. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Belanja Tanpa Perencanaan
Saat berjalan-jalan, terutama ke mall, seringkali sulit untuk mengendalikan diri. Mata seringkali tergoda untuk melihat-lihat dan kemudian muncul keinginan untuk membeli barang yang disukai. 

Tidak ada yang salah dengan membeli barang yang digunakan, tetapi masalahnya muncul saat kebiasaan ini berlangsung secara terus-menerus. Hal ini dapat mengganggu stabilitas finansial seseorang.

Sebaiknya, sebelum pergi belanja, rencanakan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan di toko tersebut. Berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan membeli apapun jika niat awal hanya untuk melihat-lihat saja. Dengan demikian, uang tidak akan terbuang percuma untuk membeli barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

2.Tidak Menyusun Anggaran (Budget)
Beberapa dari kita mungkin sudah memiliki rencana untuk membeli suatu barang saat berjalan-jalan ke mall. Namun, apakah sudah ada budget yang disiapkan untuk itu? Seringkali hal ini tidak disadari, sehingga uang yang dihabiskan lebih dari yang seharusnya.

Tidak hanya saat berbelanja, menyusun anggaran juga penting saat memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makanan, membayar tagihan listrik, internet, maupun biaya-biaya lainnya.

Anggaran ini sangat penting sebagai pedoman dalam menggunakan uang. Saat anggaran sudah menipis, itu artinya Anda harus mengontrol keinginan untuk berbelanja agar uangnya mencukupi sampai pada batas waktu yang ditentukan. Dengan demikian, tidak akan perlu menggunakan tabungan untuk bertahan hingga gajian berikutnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.