Tampang

Jamaah Haji Makkah Mulai Ibadah Haji di Tengah Panas Terik

21 Jun 2024 10:56 wib. 66
0 0
Para jemaah haji membawa payung untuk melindungi dari terik matahari, tiba di pemondokan jemaah, tenda Mina, di tengah pelaksanaan ibadah Haji di dekat Makkah, Jumat, 14 Juni 2024.

Pihak berwenang Palestina mengatakan 4.200 jamaah dari wilayah pendudukan Tepi Barat tiba di Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Sementara pihak berwenang Saudi mengatakan 1.000 lagi dari warga Palestina yang anggota keluarganya terbunuh atau terluka dalam perang di Gaza juga tiba untuk menunaikan ibadah haji atas undangan Raja Salman dari Arab Saudi. Seribu orang yang diundang tersebut sudah berada di luar Gaza – sebagian besar di Mesir – sebelum penutupan penyeberangan Rafah.

Ibadah haji tahun ini juga diikuti jamaah asal Suriah yang melakukan perjalanan ke Makkah dengan penerbangan langsung dari Damaskus untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Langkah ini merupakan bagian dari mencairnya hubungan antara Arab Saudi dan Suriah yang dilanda konflik. Warga Suriah di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak biasa melintasi perbatasan ke negara tetangga Turki dalam perjalanan melelahkan mereka ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Otoritas keamanan menangkap banyak orang yang berusaha membawa jamaah ke Makkah yang tidak memiliki izin haji, kata Letjen Muhammad al-Bassami, kepala Komite Keamanan Haji. Kebanyakan dari mereka diusir dari negara tersebut, sementara agen perjalanan bersangkutan menghadapi hukuman penjara hingga enam bulan, menurut Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Jamaah haji di Makkah saat ini menghadapi tantangan besar dalam menjalankan ibadah haji di tengah suhu panas terik dan situasi politik yang tidak stabil di sekitar wilayah Timur Tengah. Meskipun demikian, semangat dan tekad para jamaah haji untuk menunaikan ibadah haji tetap kuat. Mereka datang dari berbagai belahan dunia dengan harapan untuk mendapatkan pengampunan dosa dan berkah di tempat-tempat suci Islam.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Unik
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%