Tampang

IHSG Merosot 1,68%, Investor Asing Jual Bersih Rp 2,48 Triliun

21 Apr 2024 15:58 wib. 48
0 0
IHSG Merosot
Sumber foto: Unsplash

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Selasa (16/04/20224) merosot sebesar 1,68%, dipicu oleh kekhawatiran investor atas serangan Iran ke Israel yang berpotensi memicu konflik yang lebih luas. Hal ini turut memengaruhi kekhawatiran akan kondisi ekonomi global, sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap pasar finansial Indonesia.

Tidak hanya itu, prospek penurunan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed), juga mulai meredup karena adanya indikasi inflasi yang meningkat. Ketidakpastian situasi geopolitik tersebut menjadi alasan bagi para investor untuk menarik diri dari investasi berisiko dan lebih memilih safe haven seperti emas dan dolar AS.

Pada akhir perdagangan, nilai transaksi indeks mencapai sekitar Rp23,01 triliun dengan volume perdagangan mencapai 24,69 miliar saham yang diperdagangkan sebanyak 1,8 juta kali. Dari data tersebut, terdapat 165 saham yang mengalami kenaikan harga, sementara 457 saham lain merosot, dan 175 saham mengalami stagnasi.

Investor asing turut berperan dalam gejolak tersebut dengan melakukan penjualan bersih sebesar Rp 2,48 triliun di pasar saham. Rinciannya, penjualan bersih ini terjadi di pasar reguler sebesar Rp 2,46 triliun, dan di pasar negosiasi serta tunai sebesar Rp 24,42 miliar.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?