Tampang

Ibu Menyusui Berpuasa, Mengapa Tidak?

19 Mei 2018 15:35 wib. 1.415
0 0
Ibu Menyusui Berpuasa, Mengapa Tidak?

Secara medis, ibu menyusui boleh saja berpuasa jika secara fisik tak ada masalah dan kuat untuk berpuasa. Namun, penting bagi ibu menyusui yang berpuasa untuk lebih memerhatikan makanan yang dimakan saat sahur dan berbuka. Disiplin tak hanya menyangkut soal asupan makanan dengan gizi seimbang, melainkan waktu makan.

Komposisinya yaitu 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk bayi. Selain itu, konsumsi air putih minimal dua liter sehari juga perlu diusahakan untuk menjamin ketersediaan cairan di dalam tubuh. Konsumsi air putih bisa dilakukan mulai berbuka puasa hingga menjelang imsak.

Tambahan asupan cairan dengan mengonsumsi jus buah, teh manis hangat, dan susu juga sangat dianjurkan untuk menekan ancaman berkurangnya kadar haemoglobin di dalam darah. Untuk merangsang kelancaran ASI, ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengonsumsi minuman hangat saat berbuka puasa.

Lalu, adakah persiapan khusus yang harus dilakukan ibu menyusui ketika akan berpuasa? Tidak ada. Ibu hanya harus memiliki kondisi fisik dan mental yang baik, kemudian waktu tidur cukup serta berolah raga secara teratur.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ahok Legowo Mencabut Banding? Retorika!
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?